Setelah saya berburu informasi dan mengumpulkan artikel mengenai seluk
beluk lampu HID , kelemahan serta kelebihan nya , maka disini saya akan
sedikit menulis artikel tentang HID ini ( Mohon maaf kalau sudah ada
artikel yang sejenis ) , disini saya akan sedikit copas dari artikel
lain dan akan meracik nya lagi dengan sedikit pengetahuan yang saya
miliki
1.Kesalah pahaman pertama tentang HID dan item pendukungnya :
“Projector biasa akan sia-sia bila dipasang dengan lampu selain HID ,
karena lampu dengan Bohlam pijar Halogen (Halogen Bulb ) akan
menyebabkan sorot lampu tidak terang dan tidak maksimal “
Kenyataan nya :
Hal diatas adalah salah kaprah , Projector akan menghasilkan output
cahaya yang lebih baik meskipun hanya diterangi dan dipasang dengan
lampu bohlam Halogen .Ambilah contoh Toyota Camry,Rush,Terios,CRV yang
dari spek bawaan pabriknya sudah dilengkapi dengan Halogen Projector ,
hasil outputnya lebih terang dan lebih focus dibandingkan dengan hasil
output cahaya dari Lampu yang berasal dari Batok lampu bereflektor.
Projector sampai sejauh ini didesain dalam 3 type yaitu Halogen
Projector, HID Projector dan LED Projector , bagi yang masih awam , kita
akan membahasnya sedikit untuk sedikit memahami kelebihan dan
kekurangnya masing-masing .Artikel ini sangat cocok yang ingin mengubah
tampilan headlamp nya baik itu yang mau retrofit ataupun menggantinya
utuh ke bawaan OEM .Karena di pasaran Projector yang dijual di toko-toko
variasi adalah Halogen Projector , yah sebenarnya ada juga sih yang
sudah menjual HID Projector ( Harganya selangit masbro )
2.Kesalah pahaman kedua tentang HID dan item pendukungnya :
“Ngapain repot-repot beli lampu Projector trus maksain ngebongkar
headlamp bawaan dan mencangkoknya dengan Projector ? Udah aja sih beli
lampu HID nya aja , kan gak ngerusak batok lampu tuh lagian cuman pakai
lampu HID juga udah terang benderang kok “
Kenyataannya :
Hal ini juga salah kaprah , HID yang dipasang di batok lampu bereflektor
standard bawaan pabrik (Di desain dengan menggunakan lampu Halogen )
menghasilkan output cahaya yang terang benderang tapi berantakan ,
walaupun ada area focus nya , tapi tetep aja ada efek GLARE atau Bias
yang bisa bikin silau pengendara dari lawan arah ( Ini nih pokok
permasalahan nya , RESPECT it’s a must ) lalu ujung2 nya ngeluh ke
penjual HID , lampunya kacau nih , banyak dikomplain orang karena
menyilaukan mata.
FAKTA :
Berikut urutan output cahaya dari yang terbaik sampai normal :
HID PROJECTOR >>>HALOGEN PROJECTOR>>>REFLECTOR HEADLAMP
Ini sedikit penjelasan dari rekan commoner89:
"Gini bro pertama tama soal design optik untuk
bulb hid dan halogen itu berbeda...... reflector/projector halogen
didesign untuk source cahaya sebesar halogen 55w ( kurang lebih 1000
lumen) sedangkan projector/reflector HID didesign untuk source cahaya
sebesar hid ( kurang lebih 3200 lumen / tiga kali lebih besar).
design optik dari projector ato reflector itu sendiri ada banyak aspek
yg dipengaruhi, mulai dari distribusi sorotan, intensitas
dihotspot,lebar, lampu jauh, sorotan jarak deket, dan yg paling
berpengaruh dalam pembahasan ini adalahGLARE.
GLARE ini bukanlah hal yg salah, memang keberadaannya dirancang untuk
membuat orang lebih awas / aware akan keberadaan mobil kita. jadi total
glare yg dihasilkan itu sudah diatur dalam standard-standard
international.
skrg permasalahannya ada di peningkatan intensitas dari source cahaya,
seperti yg terjadi pada pemasangan hid kit ke reflector halogen.... (
kita asumsikan bulb hid ini super focus hampir menyamai halogen
standard). reflector yg sebelumnya didesign untuk menghasilkan GLARE
sesuai standard international sebesar X, tiba-tiba diberi source cahaya 3
kali lebih besar, akan menghasilkan GLARE sebesar 3X ( hitungan kasaran
). jelas aja bakan tetap lebih silau dari halogen standard"
Sekarang ijinin ane sebagai Nubie memberikan perbandingan berbagai output cahaya di aplikasi yang berbeda :
1.REAL HID PROJECTOR OUTPUT ( Tidak ada bias /glare diatas garis Cutoff )
HID PROJECTOR KIT
Beberapa gambar dari real HID Projector (Cutoff line bisa diatur tinggi
rendahnya ,biasanya setir kiri/kanan berbeda tinggi rendahnya ,dikenal
dengan RHD =Right Hand Drive dan LHD=Left Hand Drive )
Perbandingan output cahaya dari HID Projector VS Lampu Halogen bereflektor :
2.HALOGEN PROJECTOR ( DENGAN BOHLAM PIJAR/HALOGEN ) >>> Output cahaya tidak ada Glare/bias yang menerobos keluar dari garis Cutoff )
Walaupun tidak seterang HID Projector , tapi lampu ini bisa bekerja optimal dan tidak membuat silau kendaraan lawan arah kita )
3.HALOGEN PROJECTOR (DIPASANG DENGAN LAMPU HID ) >>> Output cahaya terang , akan tetapi ada sedikit Glare/Bias yang bisa membuat silau kendaraan lawan arah kita )
4.HALOGEN HEADLAMP REFLECTOR ( DIPASANG DENGAN LAMPU HID )>>>
Output cahaya terang benderang , tetapi cutoff nya berantakan dan
hampir menghilang sama sekali , walaupun ada titik focus dibeberapa area
, tetapi efek GLARE sangatlah kacau dan membabi buta , disetting
bagaimanapun akan tetap membuat silau kendaraan didepan , kecuali batok
lampu nya diarahin agak kebawah dan sorot lampu hanya berjarak 7-10
meter ( Tahu-tahu ada lobang segede gaban udah telat buat
ngehindar…wkwkwkwk)
5.LED PROJECTOR ( Witk LED light source ) >>>outputnya kurang lebih sama dengan HID Projector
AFTER MARKET PROJECTOR
Kebanyakan projector yang dijual di toko variasi mobil adalah Halogen
Projector , beberapa rekan modcomers mungkin tidak tahu akan hal ini
,dan ketika kita membeli projector halogen ini dan memasangnya dengan
lampu HID , kita sering mengeluhkan sinarnya kurang maksimal , masih
bikin silau orang dan lain sebagainya.
Hal sederhana untuk membedakan Halogen Projector dengan HID Projector
adalah sederhana saja , kalau projector tsb dijualnya dengan lampu
berkode H11,H4,H3 dll , sudah bisa dipastikan itu adalah Halogen
Projector.
HID PROJECTOR sejati hanya menggunakan lampu HID berkode D2S, D1S
MOBIL DENGAN HID REFLECTOR HOUSING ( Bawaan asli /standard Dari pabrikan )
Sekarang , ane baru paham bahwa sejatinya HID juga bisa cocok dipasang
di batok lampu bereflektor , seperti contohnya 2nd gen Toyota Prius ,
9th gen Toyota Corolla, Civic Mugen RR dll ( tambahan infonya dong )
sudah memakai lampu HID dari sono nya , walaupun batok lampu nya masih
reflector. Lohh..emang gak bikin silau tuh ??? Sekarang ijinin ane ,
menjelaskannya
Mobil-mobil diatas memang reflector di Headlamp nya sudah didesain
sedemikian rupa dari bawah ke atas untuk memantulkan paparan lampu HID
untuk mengurangi efek Glare yang ditimbulkan ( Menggunakan diamond cut
yang lebih presisi ) dan biasanya menggunakan lampu bertype,D1R,D2R,D3R,
D4R ( R untuk reflector ) , setengah lampu nya dilapisi cat tahan panas
untuk mengurangi efek glare.
Tampilan lampu Toyota Prius with 4300K , kamera tidak menangkap adanya glare
Nih Output nya , garis Cutoff , perfectly straight without any Glares (Toyota Prius )
Sekarang kita bisa menyimpulkan dan mengambil keputusan , lampu apakah
yang cocok buat mobil kita , tentunya yang aman ,tidak ngrugiin
keselamatan orang lain dan paling utama adalah pas dengan budget kita. Decissions is yours?
PESAN MORAL :
1.Apabila mobil masbro sekalian masih menggunakan Headlamp Halogen
reflector standard dan masih dengan bohlam pijar standard, maka yakin
dan percayalah output lampunya akan memberikan hasil yang terbaik untuk
anda , karena Kit lampu sudah didesain sedemikian rupa dan sudah
melewati riset bertahun-tahun.Kalau cahaya nya meredup , coba cek
aki,relay,kondisi reflektor dan semua komponen pendukungnya , siapa tahu
memang ada yang harus diganti. Intinya, Kagak usah malu dan minder ama
temen-temen yang pakai HID ,hehehe
2.Lampu HID memerlukan waktu sekitar 5-15 detik untuk menuju ke full
intensitas , hal ini sudah mengurangi atau bahkan menghilangkan fungsi
dari lampu tembak/Hi beam itu sendiri. Ada rumor juga jangan sering buat
ngedim kalau di siang hari , karena bisa cepet rusak tuh HID ,bener gak
sih ?
3.Output cahaya diukur dengan ukuran Lumens ,berbanding terbalik dengan
ukuran temperature , dihitung dalam satuan Kelvin , output cahaya dalam
ukuran terbaik untuk lampu HID adalah 4300K ( Temperatur sama dengan
cahaya Daylight ).Diatas 6000K , adalah sia-sia dan menjauh dari unsur
terang yang aman.Satu alasan yang perlu diingat tentang warna “Biru” ,
cahaya lampu HID kelihatannya lebih terang di warna biru , bisa dijawab
dengan alas an sederhana , bahwa mata manusia sangat sensitive terhadap
warna biru , hal ini membuat silau mata manusia dan memberikan ilusi
bahwa lampu HID biru tsb adalah terang daripada warna kuning/putih ,
padahal sejatinya hal tsb adalah salah . Warna biru tidak akan maksimal
menembus kegelapan malam dibandingkan lampu HID berwarna kuning/putih.
Ini ilustrasi warna nya :
4.Kalau lampu HID tersebut kurang memenuhi ekspektasi masbro sekalian ,
dan sudah tau dampak dari glare lampu HID , trus apa dong yang
bagus,terang dan tidak menyilaukan , pokoknya lebih terang dari lampu
bawaan ,” Yah kalau mau tetep pakai lampu Halogen , cari deh lampu
Phillips X-treme ,Phillips Rally Bulbs atau Osram Night Breaker ( Kagak
lagi promosi lho,sumpeh deh )
5.Fungsi paling utama dari lampu jauh/Hi beam adalah menyapu jalanan
dengan cahaya dari kejauhan , untuk mengetahui kondisi jalan/hazard di
kejauhan.Ketika batok lampu bereflektor kita (Tidak didesain untuk lampu
HID ),lalu disaat darurat kita menggunakan lampu jauh tsb , dan
ternyata hasil output nya malahan tidak fokus ke depan tapi nyebar kagak
karuan ,lalu dimanakah fungsi lampu jauh dari HID tsb ? sedangkan lampu
HID prinsip kerja Hi/Lo nya hanya digerakkan oleh magnet/motorized ,
artinya lampunya itu2 juga. Terus terang ini dilema buat ane pribadi,
disatu sisi ane kagak mau bikin silau orang (Ane akalin lampu deket nya
ane mundurin cuman 10 meter,hasilnya ane kagak berani ngebut di jalanan
sepi/tol , karena respon terhadap hazard (Lobang,orang
nyebrang,tikungan,kucing nyebrang dll ) jadi terlambat dan ini
membahayakan. Trus ane coba arah fokus nya ane majuin lebih jauh ,
nyaman sih buat ane pribadi...eh sering diomelin orang dan sering
disilauin balik ama mobil lain....pfftttt bingung ane nih . Ane sempet
tergiur mau beli HID yang bagus dan mahal sekalian , tapi apakah hasil
nya dijamin fokus dan gak ada kelebihan glare ( Over Glare ) ??
Thanks om udah mampir, terus terang ane sampe sekarang juga masih pake
HID 6000K , tapi ane merasa bersalah dan kagak enak dengan pengemudi
yang lain, im feel so guilty...jadi saya sudah siap dengan segala resiko
dihujat dan diumpat bahkan di dim dengan lampu tembak sampai mata sakit
dan pening, tapi ya itu resiko, ane jg bisa merasakan apa yg mereka
rasakàn terhadap efek over glare dr lampu HID ane.
sayangnya gw suka sebel kalo reflektor dipasangin HID
sakit bgt mata apa lagi yg matanya clynder itu sampe pusing
Bener om , ane yg matanya normal aja sering pusing kalau di sorot lampu
yang overglare , ditambah kaca mobil kita udah banyak swirl (baret)
nya...widiiih , mata bisa sampai perih dan berair .
http://www.modifikasi.com/showthread.php/467412-Beberapa-Hal-Yang-Perlu-Anda-Ketahui-Tentang-Lampu-HID
Solusinya pake projector / projie bos....
ReplyDelete