Saturday, April 16, 2016

Electric Power Steering ( EPS )




        Electric Power Steering ( EPS ) merupakan salah satu teknologi dibidang otomotif yang sangat memberikan kemudahan bagi para pengguna kendaraan.  Teknologi ini membantu meringankan putaran kemudi yang bertujuan meningkatkan efisiensi kerja kendaraan dengan melakukan perubahan proses kerja power steering. Perubahan ini mengalihkan sistem hidraulis ke elektrik.
Alasannya sederhana. Sistem power steering  hidraulis memperbesar konsumsi bbm kendaraan. Kebutuhan energi untuk sistem itu dalam beroperasi, lebih besar dari penggunaan AC mobil. Malah sistem hidraulis berada pada posisi ketiga untuk kerugian mekanis yang dialami mobil ketika bergerak. Posisinya di bawah kerugian akibat hambatan udara dan gesekan dengan jalan.
 
Di era 1990-an, fitur power steering hanya hadir pada mobil-mobil mewah yang beredar di Indonesia. Atau menjadi fitur tambahan pada mobil yang lebih terjangkau. Kala itu, sistem power steering yang digunakan adalah jenis hidraulis. Namun beberapa tahun belakangan ini, produsen kendaraan melakukan pengembangan sistem yang membantu meringankan putaran kemudi itu. Honda Motor Co., menjadi pabrikan mobil pertama yang mengembangkan dan menggunakan Electric Power Steering (EPS) untuk mobil massalnya yakni pada Honda Acura NSX pada 1993.
 
Dalam hal perawatan pun didesain menjadi free maintenance dan tidak bikin repot lagi seperti model konvensional,” tutur Iwan Abdurachman, technical trainee PT Toyota Astra Motor. Nah karena bebas perawatan, EPS ini jarang ditengok. Problem yang terjadi juga tidak dikenali. Bahkan baru paham setelah kejadian. Untuk mengetahui detail perihal EPS, yuk kita kenali lebih dalam.


Model Fully electric cenderung paling responsif


        Semua EPS yang diaplikasikan, pada dasarnya tetap menggunakan tenaga bantuan motor elektrik. Perbedaaannya bisa dibagi dua. Pertama dengan sebutan fully electric. Artinya motor listrik bekerja langsung dalam [img]membantu gerakan kemudi. Baik yang letaknya menempel pada batang kemudi, seperti pada Toyota Yaris dan Vios. Juga yang letaknya menempel pada rack steer seperti Honda Jazz, Suzuki Karimun dan Swift. Bahkan pada generasi awal yang diterapkan Mazda Vantrend lansiran 1995 ataupun Toyota Crown keluaran 2005, di tempatkan pada gearbox steering.
Kedua model semi electric. Putaran motor elektrik hanya dimanfaatkan untuk mendorong hidraulis. Ini sebagai pengganti pompa power steering yang menempel di mesin dan diputar oleh sabuk V-belt. Misalnya seperti pada Chevrolet Zafira dan Mercedes Benz A-Class. Perangkat EPS yang digunakan tentunya tidak lagi menempel pada mesin. Namun masih mengandalkan minyak untuk meringankan gerak setir. Biasanya perangkat ini juga masih menggunakan slang tekan dan slang balik dari minyak.
                  Dinamo masih harus meneruskan oli untuk membuat tekanan dalam racksteer. Hadirnya sistem ini memang relatif sebagai penyempurnaan sistem PS model lawas atau konvensional. “Respons terhadap gerakan kemudi juga semakin baik dan lebih disesuaikan kondisi dibanding model biasa,” tambah Iwan. Terutama pada mekanisme fully electric. Pada umumnya terdiri dari sensor gerak (torque sensor), dinamo berarus DC, gir reduksi, modul EPS dan peranti pendukung ECU lainnya. Kerja dinamo dalam meringankan putaran kemudi dideteksi pertama kali oleh sensor yang kebanyakan letaknya pada poros batang kemudi (steering column). Gerakan kiri-kanan oleh setir bakal diterima oleh sensor untuk diatur modul sebagai otaknya.
                   

                                                                                  
Setelah ada gerakan setir yang cepat ataupun lambat, akan dideteksi juga untuk disesuaikan menurut laju kendaraan. Semakin lambat laju mobil, artinya akan semakin besar juga kebutuhan daya oleh motor eletrik. Hasil perhitungan modul EPS akan mengatur besaran arus yang sesuai dengan kebutuhannya.
Sedangkan mekanisme semi electric cenderung lebih repot. Pasalnya, komponen yang digunakan juga lebih banyak dibanding model fully electric. Adanya tekanan hidraulik dalam sistem ini berarti kerja simultan mulai dari sensor, modul dan dinamo masih diteruskan ke hidrolis lagi. Sehingga kerja power steering secara elektrik hanya pada tahap awal saja. Selanjutnya setelah kecepatan dinamo menciptakan tekanan minyak PS tertentu, meringankan rangkaian racksteer pada PS konvensional.
Pada umumnya sistem Electric Power Steering  (EPS) menggunakan beberapa perangkat elektronik yang sama, seperti:
1.    Control Module  :   Sebagai komputer untuk mengatur kerja EPS. 
2.    Motor elektrik    :   Bertugas langsung membantu meringankan perputaran setir. 
3.    Vehicle Speed Sensor    :  Terletak di girboks dan bertugas memberitahu control module tentang                                                 kecepatan mobil. 
4.    Torque Sensor : Berada di kolom setir dengan tugas memberi informasi ke control module  jika                                                    setir mulai diputar oleh pengemudi. 
5.    Clutch : Kopling ini ada di antara motor dan batang setir. Tugasnya untuk                                                                                             menghubungkan dan melepaskan motor dengan batang setir sesuai kondisi. 
6.    Noise Suppressor  : Bertindak sebagai sensor yang mendeteksi mesin sedang bekerja atau tidak. 
7.  On-board Diagnostic Display  : Berupa indikator di panel instrumen yang akan menyala jika ada masalah                                    dengan sistem EPS.

PERAWATAN

                  Sebagai komponen yang relatif tanpa perlu lagi melakukan perawatan. Umumnya sebatas melakukan perawatan pada komponen luar rangkaian motor elektrik. Pasalnya, parts pengganti seperti dinamo, sensor dan komponen kecil lainnya belum dijual di pasaran. Jika terjadi kerusakan, umumnya harus mengganti satu rangkaian. Misalnya model steer column yang tergabung dengan dinamo atau dengan racksteer.
Walau komponen tersebut didesain tidak mudah rusak. “Sebaiknya air jangan masuk ke motor elektrik. Seperti saat cuci mobil. Terutama buat yang letaknya tergabung dengan racksteer atau di kolong mobil,” beber Rachmansyah Nasution.
Sebagai perawatan, menurut Rachman komponen EPS sebaiknya diperiksa secara rutin waktu mobil dalam kondisi terangkat. Misalnya saat melakukan cuci kolong diperiksa kondisi kabel penghubungnya. Atau bisa dengan menambahkan pelindung komponen yang bisa kemasukan air. Mulai dari bagian soket. “Bisa ditutupi dengan balutan lakban,” pesannya.
Sekring EPS yang umumnya tertancap dalam kotak sekring dalam kabin mesin perlu diperiksa juga. Biar enggak bermasalah, bisa semprot dengan cairan sejenis pembersih atau contact cleaner. Atau diganti setelah tampak kendur.
Selain itu, komponen penunjang lain seperti karet boot steer dan joint steer bisa dirawat seperti biasa. Jika tampak sobek hingga getas pada sistem semi electric artinya perlu penggantian segera. Jika joint steer dan bagian tie rod mulai oblak artinya perlu penggantian juga seperti merawat PS biasa saja.

DETEKSI


      
                                      

http://willycar.files.wordpress.com/2010/05/05052010091.jpg  Permasalahan yang ditemukan dalam sistem EPS tentu macam-macam. Jika berat seperti yang dirasakan Firman, biasanya disebabkan karena suplai arus ke dinamo yang tidak normal. Sebagai tanda ada problem, lampu indikator EPS umumnya akan menyala. Setelah lampu menyala, sistem EPS secara otomatis akan tidak berfungsi alias terasa berat diputar.
Mendeteksi problem perlu menggunakan alat khusus. Pada bengkel resmi sudah pakai alat scan untuk mendiagnosa secara elektronik. Namun paling mudah bisa dilakukan sendiri dengan cara memeriksa kondisi sekring. Pastikan kondisi sekring tidak longgar, korosi hingga putus dalam boks sekring pusat yang letaknya dalam ruang mesin. Kemungkinan kerusakan terjadi pada komponen lain yang harus diperiksa oleh bengkel. Baik pada bagian soket penghubung, modul, dinamo ataupun sensor setir dan sensor kecepatan.

MENGUBAH SEMI ELEKTRIK JADI FULL HIDRAULIK

  Mengandalkan putaran AC ataupun waterpump
 
Dari semua model power steering (PS) elektris, motor dan perangkat modul jebol pasti bikin putaran setir berat. Nah buat yang mengaplikasi sistem elektronik-hidraulik, ada solusi alternatif daripada mengganti motor PS hingga modul pengatur kerja motor. “Lebih baik diganti model hidraulik saja. Lebih murah dan mudah perawatannya,” ujar Purwanto dan Paulus Dwi Eriawan dari MW Power Steering di Lebak Bulus, Jakbar.
 
Tipe PS elektrik hidraulik ada pada Chevrolet Zafira, Mercedes-Benz A-Class atau Peugeot 307. Kalau motor listrik PS ini rusak, jelas bikin berat. Karena tidak bisa memutar pompa lagi. Sayangnya, komponen ini masih tergolong mahal, harganya mencapai Rp 10 juta.
 
Nah, sistem pompa elektrik itu bisa diganti dengan pompa mekanis yang mengandalkan putaran mesin. “Makanya hanya bisa digunakan untuk sistem elektrik-hidraulik. Karena masih pakai cairan PS. Tidak bisa untuk yang full elektrik,” papar Wawan, sapaan akrab Paulus Dwi Eriawan. Hanya dengan dana Rp 3,5 juta, sistem hidraulis ini bisa terpasang berikut beberapa tambahan kedudukan. Merogoh kantong pun lebih ringan.

20 comments:

  1. saya mengalami permasalahan yang sama yaitu muncul sign merah (stir) di dash board. Sy sudah bawa ke dealer resmi Toyota Nasmoco Karangjati, Kab Semarang dan disuruh nunggu skitar 1 bulan.
    Stelah 2 minggu, sy konfimasi lagi ke dealer, dapat jawaban masih kuran baut stirnya dan masih nunggu kiriman dari Supplier Toyota skitar 2 minggu lagi.

    Apakah ada cara lebih cepat untuk mendapatkan Baut Stir tersebut atau apakah memang sperti itu prosedurnya harus nunggu sampai 1 bulan.
    Atas bantuan dan kerjasamanya yang baik kami ucapkan terima kasih.
    Agus Priyanto
    08112740415

    ReplyDelete
  2. Mobil sy avanza veloz 2016.permasalahan lampu indikator kadang kadang hidup dan mesin langsung mati...dicek di komputer baik baik saja...belum ketemu apa masalahnya....mohon info apabila ada yg sama mengalami masalah ini

    ReplyDelete
  3. Bisa kah mengirim blok diagram, dan wirring diagram serta keterangan detail cable nya
    Trima kasih

    ReplyDelete
  4. Mobil avanza th2017 setir berat ketika kecepatan diatas80km/jam sy sudah bawa ke deler resmi toyota dia bilang gak apa2 itu masih standar gak maslah mohon pencerahannya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu gpp mas,soalnya sudah ada sensornya buat safety,jika semakin tinggi kecepatan semakin berat stir,kalau setir enteng di kecepatan tinggi bahaya mas

      Delete
  5. Veloz 2016 saya setir terasa berat seolah tanpa powersteering saat kendaraan sedang berjalan.saat berhenti baru terasa ada bantuan powersteering saat setir saya gerakkan. Mohon info

    ReplyDelete
  6. stir avanza G 1.5 bisa di pasang di avanza 2010??
    mohon ptnjuk om

    ReplyDelete
  7. avanza 2016 1.3 ketika stir diatur kebawah gambar stir nyala dan berat, tp klo stir diatur dinaikan paling atas g nyala dan normal.
    mohon pencerahan

    ReplyDelete
  8. Avanza tipe E 2016 stir nya berat.udah aqu bawa ke bengkel power steering katanya normal.gimana ya biar normal seperti tipe E umumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama... kok avanza type E-ku juga stir jadi agak berat.

      Delete
  9. Avanza 2017 saya, steer kalo dibelokkan seperti gak balik sendiri apakah sebabnya ya ?

    ReplyDelete
  10. Bisa bantu wiring diagram soket ECU EPS Avanza, 89650 BZ020 ?
    Terutama di soket yg ke sensor rpm/negstip coil.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  11. Mobil sy all new avanza, stir kadang2 tersa berat saat menikung sedangkan lampu indikatornya normal (tidak menyala) kira2 masalahnya dimana ya?

    ReplyDelete
  12. Harga modul power steering Avanza 2014 harga brp ya? Mohon pencerahannya om

    ReplyDelete
  13. Bunyi gluduk2 terasa skli ke stir bunyi di column stir .. model ster eps nos masalahnya apa ya

    ReplyDelete
  14. Mobil etios sm muncul tanda str dan tanda seru.waktu mesin mati str terasa berat.mhn penjelasannyo

    ReplyDelete
  15. Klo all new xenia 2015, apa bisa d ganti pakai PS cairan sprti model. Lama. Mengingat harga eps nya mahal banget. Minta infonya ya

    ReplyDelete
  16. mobil sy avanza 2016 type G setir gak bisa balik sendiri apakah memang demikian?

    ReplyDelete
  17. Setir mobil avanza veloz 1.5AT 2016 saya didasborad ada indikatorsetir tnda tanya nyala setir tdk bisa balik sendiri sehabis belokan gimna solusinya..yhh??

    ReplyDelete