Saturday, April 30, 2016

Pelumas, oli yang cocok untuk XENIA DAN AVANZA

Memilih oli terkadang membingungkan bagi sebagian pemilik mobil, sebenarnya tidak susah, pada dasarnya anda sebagai pemilik mobil tinggal mengikuti spek yang dianjurkan pada buku manual mobil tersebut. Di postingan ini saya akan mengupas mengenai pemilihan oli untuk Xenia dan Avanza. Dari sisi dapur pacu Avanza memiliki 2 dapur pacu 1.300 cc dan 1.500 cc dan Xenia varian mesinnya 1.000 cc dan 1.300 cc namun dari segi perawatan tak jauh berbeda mulai dari penggantian oli mesin, girboks, dan gardan. Namun dari spek oli ada perbedaan, Daihatsu Xenia memakai APIservice berkode SL dengan SAE 10 w - 40 memakai oli Genuine Daihatsu.

Dan pada Toyota Avanza spek olinya memakai API service berkode SM memakai TMO (Toyota Motor Oil) untuk volume olinya untuk oli mesin,  Avanza memerlukan 4 liter oli setiap pengggantian oli dan jika filter oli juga diganti olinya jadi 4,5 liter . Dan untuk oli girboks juga gardan Xenia memakai API service GL5 dengan SAE 80 w - 90. Untuk anda yang mau menggunakan merek lain sah-sah saja, yang penting sesuai dengan spek yan dianjurkan, tentunya selain pelumas mesin standar juga banyak merek oli lain dipasaran seperti Sheel, Total, Motul, Mobil 1, Castrol, Penzoil, Pertamina, Top 1, Petronas, dll. 
Jadi anda tinggal melihat spek oli tersebut, sesuaikan SAE anjuran pabrikan yakni SAE 10 w- 40,  karena semakin kecil angka SAE nya berarti oli tersebut semakin encer, tentunya dengan pelumas semakin encer kerja mesin semakin ringan yang berdampak ke konsumsi BBM yang akan semakin irit, tapi biasanya oli dengan tingkat kekentalan yang makin encer harganya relative mahal dan jarang dipasaran.

Dan rata-rata standar pabrikan untuk mobil keluaran tahun 2000-2001 sudah harus memakai pelumas dengan spek 5w-40 atau 10w-40, spek oli yang semakin encer tersebut juga dikarenakan teknologi mesin yang semakin canggih, apalagi jika anda memakai spek oli yang lebih encer lagi seperti SAE 5w-30.. Kesimpulannya gunakanlah oli yang sesuai dengan anjuran pabrikan, pilih oli yang terjamin kualitasnya, jangan tertipu harga, rajin ganti oli dan filter oli sesuai jarak tempuh.

Artikel ini bersumber dari  Tabloid Otomotif  Edisi 23 Oktober 2011, dengan ubahan kata-kata dari saya.. Demikian artikel mengenai pemilihan Oli untuk XENIA dan AVANZA, semoga berguna bagi anda, Trims Wassalamualaikum

22 comments:

  1. Gan mau tanya, kalau sekarang saya pakai veloz mt 1.3 dual vvti 2016, oli sekarang menggunakan magnatec 10w-40. Dan berencana ganti dengan TMO Gold 0w-20. Pertanyaan saya apakah dengan tingkat keenceran tersebut berlebihan untuk mesin saya? Adakah pengaruh negatif dari memakai oli yg viskositasnya lebih rendah dari yg dianjurkan? Misal cepat aus dsb.
    Mohon pencerahannya gan..

    Terimakasih

    ReplyDelete
  2. standar oli mesin dual vvti memang 0w/20

    ReplyDelete
  3. Saya xenia 2016 dual VVTI kl pake oli SAE 5W-30 apkah ada dampak negatifnya pada mobil saya?
    Trus kl misal saya pake SAE 10w-40 apkah masi aman? Krna menyesuaikan kantong biar gk kluar bnyak

    ReplyDelete
  4. Saya xenia 2016 dual VVTI kl pake oli SAE 5W-30 apkah ada dampak negatifnya pada mobil saya?
    Trus kl misal saya pake SAE 10w-40 apkah masi aman? Krna menyesuaikan kantong biar gk kluar bnyak

    ReplyDelete
  5. Aman pak ,sy jg pake great xenia pake oli 10w 40 sae .
    Asalnya pake 5w 30 tp budgetnya minim jd ganti pake yg lbh murah ke 10w 40 sae ,tp aman2 aja kok .
    Cuman tarikan start agak tepos/ngemplod dbanding pake oli 0w 20 / 5w 30 ..

    Yg pnting asal jgn smpe tlat ganti oli aja gan

    ReplyDelete
  6. Mobil saya Grand new Avanza 2017 ganti oli di beres..saya perhatikan dituangkan oli 10w-40. Ternyata esok nya saya baca di buku manual oli yg direkomendasikan itu 0w-20..apakah aman ? Sudah sebulan lebih saya pakai sekarang apakah aman?

    ReplyDelete
  7. Gan saya mau nanya, berapa liter ya ukuran oli gardan grand new avanza 2015

    ReplyDelete
  8. gan kl ganti oli di beres kita ga bisa nyimak dr dekat ya..kn pengen tau apa yg benar2 oli apa yg mreka masuk kan ke mesin..ibarat ny kita beli kucing dlm karung dr di beres...

    ReplyDelete
  9. kl cuma ganti oli di beres kena ongkos berpa ya gan

    ReplyDelete
  10. Gan numpang tanya, all new avanza 2015 klo pakai oli castrol 5W 30 gimana ya..mohon pencerahan

    ReplyDelete
  11. Gan saya baru tahu skrg klu grand new avanza keluaran 2016 itu oli nya 0W-20. Selama ini pakai 10w-40 (sudah 3x). Apakah aman itu gan? dan klu saya pindah ke 0w-20 sekarang gpp gan?

    ReplyDelete
  12. emang di beres d kasih oli 10-40 gan

    ReplyDelete
  13. oli mesin yang bagus avanza new 2015-2016

    ReplyDelete
  14. gan tanya saya pkai xenia 2015 sebulumnya pkai oli 5w-30 klu pkai oli 0w-20 gmn pengaruh apa

    ReplyDelete
  15. Oli yg bagus buat senia 2018 apa ya om..

    ReplyDelete
  16. Pake Sae brp aja bagus selama tdk kehabisan oli dan sering diganti jika sdh saatnya

    ReplyDelete
  17. Oli gardan dan oli tranmisi merek ap yg bagus untuk mobil xenia 1300cc mintak jawabanny bos q

    ReplyDelete
  18. Saya mau ganti oli transmisi matic Xenia 2016...sebaiknya pakai oli ATF saja atw ATF dexron jenisnya? Mohon info bossku...trims

    ReplyDelete